Cara Screenshoot dan scroll di windows

Cara Screenshoot dan scroll di windows

Cara Screenshoot dan scroll di windows

4.511

Windows 10 menawarkan banyak cara untuk menangkap tangkapan layar. Untuk mengambil tangkapan layar, yang perlu Anda lakukan adalah menekan CtrlPRTSCatau FnPRTSCdan Anda langsung memiliki tangkapan layar. Bahkan ada Snipping Tool bawaan yang memungkinkan Anda untuk menangkap bagian jendela serta menu pop-up.

Tetapi semua metode itu hanya memungkinkan Anda untuk mengambil konten yang berada dalam dimensi area tampilan browser. Bagaimana jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dari jendela gulir halaman web, dokumen, atau konten lain yang berada di luar area yang dapat dilihat? Dalam kasus seperti itu, satu-satunya pilihan Anda adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Dalam posting ini Anda akan belajar tiga alat terbaik untuk menangkap screenshot bergulir di Windows.

1. PicPick

PicPick adalah perangkat lunak tangkapan layar dan pengeditan gambar yang dikembangkan dan dimiliki oleh NGWIN. Ini alat tangkapan layar favorit pribadi saya, dan saya menggunakannya setiap saat. Hal terbaik tentang PicPick adalah gratis untuk penggunaan pribadi dan mengemas beberapa fitur keren yang tidak akan Anda temukan di program berbayar.

Sejauh menyangkut tangkapan layar, PicPick menawarkan tujuh mode tangkapan layar: Layar penuh, Jendela Aktif, Kontrol Jendela, Jendela Gulir, Wilayah, Wilayah Tetap, dan FreeHand. Masing-masing mode ini sesuai dengan skenario yang berbeda dan dapat membantu Anda menyesuaikan tangkapan layar sesuai keinginan Anda. Misalnya, mode Wilayah dapat membantu Anda untuk mengisolasi dan menangkap kotak dialog tanpa kebisingan latar belakang.

Mode Wilayah Tetap memungkinkan Anda untuk mengatur panjang dan lebar tangkapan layar yang diinginkan dalam hal jumlah piksel yang membantu memastikan semua tangkapan layar Anda seragam. Ini juga memiliki mode Jendela Gulir yang memungkinkan Anda menangkap tangkapan layar gulir halaman web atau dokumen hanya dengan beberapa klik.

Untuk mengambil jendela gulir, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Tekan dan tahan CtrlAltbersamaan, lalu tekan PRTSC. Kotak persegi panjang yang disorot dengan warna merah akan muncul.

 

2. Tekan dan tahan tombol kiri mouse, lalu seret mouse pada jendela gulir untuk memilih area.

3. Lepaskan klik mouse dan gulir otomatis akan terjadi secara lambat. Setelah itu, seluruh jendela Anda akan diambil hanya dalam beberapa detik.

PicPick juga dilengkapi dengan penggaris piksel yang dapat digunakan untuk mengukur ukuran gambar yang ditampilkan di layar Anda, papan tulis virtual yang memungkinkan pengguna untuk menggambar di layar, dan garis bidik untuk menentukan posisi piksel relatif.

2. Snagit

Snagit adalah perangkat lunak tangkapan layar dan perekaman video populer yang dibuat dan didistribusikan oleh TechSmith. Ini fitur antarmuka yang ramping yang lebih fokus daripada PicPicks.

Ini juga menawarkan fungsionalitas pengeditan gambar yang lebih baik daripada PicPicks. Namun, Snagit tidak gratis dan biaya $ 50 per lisensi, yang relatif tinggi.

Karena fokus utama Snagit adalah pengambilan tangkapan layar, fitur ini dilengkapi dengan fitur menangkap dan mengedit layar canggih yang meledakkan kompetisi. Misalnya, ia memiliki fitur Panoramic Capture yang memungkinkan Anda untuk menangkap hanya sebagian dari Jendela yang bergulir.

 

Menangkap jendela gulir di Snagit juga lebih mudah dan lebih ramah pengguna. Yang harus Anda lakukan adalah menavigasi ke all-in-one-tab dan klik tombol "Capture". Kemudian klik panah kuning tergantung pada arah yang ingin Anda gulir. Snagit akan menangkap semua yang terlihat di jendela dan membuat satu gambar yang dapat Anda edit. Berikut adalah video singkat tentang cara mengambil tangkapan layar yang bergulir dengan Snagit.

Selain menangkap tangkapan layar, Snagit juga dapat merekam aktivitas layar. Fitur pengeditannya yang unggul juga menjadikannya alat terbaik untuk membuat tutorial.

3. Apowersoft Screen Capture Pro

Apowersoft Screen Capture Pro adalah alat tangkapan layar dan pengeditan gambar yang inovatif dan sangat dapat disesuaikan. Program tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat ketika datang ke menangkap screenshot, berkat sepuluh mode screenshot, yang termasuk screenshot Scrolling, Menu, dan Freehand, hanya untuk menyebutkan beberapa.

Mode tangkap Jendela gulir memungkinkan Anda untuk menangkap seluruh halaman web, dokumen, atau browser, termasuk konten yang disembunyikan dari penampil. Itu juga dilengkapi dengan "Penjadwal Tugas" yang juga dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar otomatis.

 

Selain menangkap tangkapan layar, Apowersoft Screen Capture Pro hadir dengan editor gambar yang tangguh yang menyediakan banyak pilihan bagi Anda untuk mengedit tangkapan layar. Terlebih lagi, Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk merekam layar, mengunggah, dan berbagi secara online. Namun, programnya cukup mahal. Lisensi seumur hidup berlaku untuk $ 79,95. Anda juga dapat memilih untuk berlangganan bulanan mulai dari $ 12,95 per bulan.

Intinya

Mengetahui cara menangkap tangkapan layar dapat sangat bermanfaat bagi Anda, terutama jika Anda ingin membuat beberapa konten pembelajaran. Menggulir tangkapan layar juga bisa berguna ketika Anda ingin melaporkan masalah perangkat lunak, karena Anda akan dapat menunjukkan masalah dengan jelas.

Sudahkah Anda menggunakan alat-alat ini? Apa pengalaman anda Bagikan dengan kami di bagian komentar di bawah.